Saturday, September 27, 2014

Macam Macam Arduino



 Berikut ini akan saya jelaskan beberapa macam macam jenis atau tipe - tipe arduino yang ada dipasaran,kalau sebelumnya kita telah berkenalan dengan arduino, apa itu arduino dan lain sebagainya , buat yang belum monggo di cek aja di Sini . Dan kali ini kita akan mengenalkan anggota keluarga dari Arduino.

A. Arduino USB, yaitu mikrokontroler Arduino dengan menggunakan USB sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi komputer. Contoh:

  1. Arduino Uno
  2. Arduino Duemilanove
  3. Arduno Leonardo
  4. Arduino Mega2560
  5. Arduino Intel Galile
  6. Arduino Pro Micro AT
  7. Arduino Nano R3
  8. Arduino mini Atmega
  9. Arduino Mega ADK
  10. Arduino Esplora

1.      Arduino Uno


      Arduino Uno adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega328 (datasheet). Ini memiliki 14 digital pin input / output (dimana 6 dapat digunakan sebagai output PWM), 6 input analog, resonator keramik 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power itu dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulai menggunakannya.
    Uno berbeda dari semua papan sebelumnya di bahwa itu tidak menggunakan chip driver FTDI USB-to-serial. Sebaliknya, fitur Atmega16U2 (Atmega8U2 sampai versi R2) diprogram sebagai konverter USB-to-serial.
Revisi
ke 2 Uno memiliki resistor menarik garis 8U2 HWB line to ground, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.
Revisi
ke 3 memiliki fitur-fitur baru berikut:
 - 1,0 pinout: menambahkan SDA dan pin SCL yang dekat dengan pin AREF dan dua pin baru lainnya ditempatkan dekat dengan pin RESET, yang IOREF yang memungkinkan perisai untuk beradaptasi dengan tegangan yang tersedia dari papan. Di masa depan, perisai akan kompatibel dengan kedua papan yang menggunakan AVR yang beroperasi dengan 5V dan dengan Arduino Due yang beroperasi dengan 3.3V. Yang kedua adalah pin tidak terhubung, yang disediakan untuk tujuan masa depan.
-Stronger RESET sirkuit.
-Atmega 16U2 menggantikan 8U2.
"Uno" berarti satu di Italia dan diberi nama untuk menandai peluncuran Arduino 1.0. The Uno dan versi 1.0 akan menjadi versi referensi Arduino, bergerak maju. The Uno adalah yang terbaru dalam serangkaian USB Arduino papan, dan model referensi untuk platform Arduino; untuk perbandingan dengan versi sebelumnya, lihat indeks Arduino papan.

Jual Arduino Murah



2. Arduino Due 


    The Arduino Due adalah papan mikrokontroler berdasarkan Atmel SAM3X8E ARM Cortex-M3 CPU (datasheet). Ini adalah pertama papan Arduino didasarkan pada 32-bit mikrokontroler ARM inti. Ini memiliki 54 digital pin input / output (yang 12 dapat digunakan sebagai output PWM), 12 analog input, 4 UART (hardware port serial), jam 84 MHz, USB OTG koneksi yang mampu, 2 DAC (digital ke analog) , 2 TWI, jack listrik, header SPI, header JTAG, tombol reset dan tombol hapus.
Peringatan: Tidak seperti papan Arduino lainnya, Arduino Due berjalan pada 3.3V. Tegangan maksimum yang I / O pin dapat mentolerir adalah 3.3V. Memberikan tegangan yang lebih tinggi, seperti 5V ke I / O pin dapat merusak papan.


Arduino Due berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel micro-USB atau
power  dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulainya. Arduino Due kompatibel dengan semua perisai Arduino yang bekerja di 3.3V dan telah sesuai dengan 1,0 Arduino pinout.
The Due mengikuti 1.0 pinout:
-TWI: SDA dan SCL pin yang dekat dengan pin AREF.
-The IOREF pin yang memungkinkan perisai terpasang dengan konfigurasi yang tepat untuk beradaptasi dengan tegangan yang diberikan oleh
Arduino. Hal ini memungkinkan kompatibilitas perisai dengan papan 3.3V seperti papan Karena dan AVR berbasis yang beroperasi pada 5V.
Pin tidak berhubungan -Sebuah, disediakan untuk penggunaan masa depan.
The Due memiliki forum khusus untuk membahas papan.
ARM Inti manfaat
The Due memiliki inti ARM 32-bit yang dapat mengalahkan papan mikrokontroler 8-bit yang khas. Perbedaan yang paling signifikan adalah:
A 32-bit inti, yang memungkinkan operasi pada 4 byte data luas dalam jam CPU tunggal. (untuk informasi lebih lanjut lihat int jenis halaman).
Jam -CPU di 84Mhz.
-96 KByte SRAM.
-512 KByte memori Flash untuk kode.
a DMA controller, yang dapat meringankan CPU dari melakukan tugas-tugas intensif memori.

Arduino Due
 
info lengkap tentang Arduino Due bias dilihat di Jual Arduino Murah
 

3. Arduino Leonardo

Arduino Leonardo adalah papan mikrokontroler berdasarkan ATmega32u4 (lihat datasheet). memiliki 20 digital pin input / output (yang 7 dapat digunakan sebagai output PWM dan 12 input analog sebagai), osilator kristal 16 MHz, koneksi micro USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai untuk memulai menggunakkannya.

Leonardo berbeda dari semua papan sebelumnya di bahwa ATmega32u4 telah built-in USB komunikasi, menghilangkan kebutuhan untuk prosesor sekunder. Hal ini memungkinkan Leonardo tampil
sebagai komputer yang terhubung sebagai mouse dan keyboard, selain virtual (CDC) serial / COM port. Ini juga memiliki implikasi lain untuk perilaku modul .untuk spesifikasi dari  arduino Leonardo dapat dilihat di sini
Info Selengkapnya bias dilihat di sini
 
4. Arduino Mega 2560


Arduino mega 2560 adalah papan mikrokontroler ATmega2560 berdasarkan (datasheet)
memiliki 54 digital pin input / output (dimana 15 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler,hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB atau power dengan adaptor AC-DC atau baterai. Arduino Mega kompatibel dengan sebagian besar shield,
dirancang untuk Arduino Duemilanove atau Diecimila.


Mega 2560 adalah update
dari  
Arduino Mega


Arduino Mega2560 berbeda dari semua board  sebelumnya ,
tidak menggunakan chip driver FTDI USB-to-serial. Sebaliknya, fitur ATmega16U2 (ATmega8U2 dalam revisi 1 dan revisi 2 papan) diprogram sebagai konverter USB-to-serial.
Revisi 2 dewan Mega2560 memiliki resistor menarik garis 8U2 HWB ke tanah, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.
Revisi 3 dari dewan memiliki fitur-fitur baru berikut:
- 1,0 pinout: menambahkan SDA dan pin SCL yang dekat dengan pin AREF dan dua pin baru lainnya ditempatkan dekat dengan pin RESET, yang IOREF yang memungkinkan perisai untuk beradaptasi dengan tegangan yang tersedia dari papan. Di masa depan, perisai akan kompatibel baik dengan dewan yang menggunakan AVR yang beroperasi dengan 5V dan dengan Arduino Due yang beroperasi dengan 3.3V. Yang kedua adalah pin tidak terhubung, yang disediakan untuk tujuan masa depan.
-Stronger RESET sirkuit.
-Atmega 16U2 menggantikan 8U2.
 
Spesifikasi teknis dari arduino mega 2560 dapat dilihat jual arduino murah



                  info lebih lengkap  mengenai arduino mega 2560 dapat dilihat di sini





5. Arduino Intel galileo




Galileo adalah papan mikrokontroler berdasarkan Intel ® Quark SoC X1000 Application Processor, 32-bit sistem Pentium-kelas Intel pada sebuah chip (datasheet). Ini adalah
board pertama berdasarkan arsitektur Intel ® dirancang untuk menjadi hardware dan software pin-kompatibel dengan perisai Arduino dirancang untuk Uno R3. Digital pin 0-13 (dan AREF berdekatan dan pin GND), Analog input 0 sampai 5, header listrik, ICSP header, dan pin port UART (0 dan 1), semua di lokasi yang sama seperti pada Arduino Uno R3. Hal ini juga dikenal sebagai Arduino 1.0 pinout.


Galileo dirancang untuk mendukung
shield yang beroperasi di kedua tegangan  3.3V atau 5V. Tegangan operasi inti Galileo adalah 3.3V. Namun, jumper di board memungkinkan terjemahan tegangan 5V di pin I / O. Hal ini memberikan dukungan untuk 5V shield Uno dan perilaku default. Dengan beralih posisi jumper, terjemahan tegangan dapat dinonaktifkan untuk menyediakan operasi 3.3V di pin I / O.

Tentu saja,
board  Galileo juga perangkat lunak yang cocok dengan Arduino Software Development Environment (IDE), yang membuat kegunaan dan pengenalan snap. Selain hardware Arduino dan kompatibilitas software, arduino

 Galileo
memiliki beberapa industri PC standar I / O port dan fitur untuk memperluas penggunaan asli dan kemampuan luar ekosistem perisai Arduino. Sebuah ukuran penuh Slot mini-PCI Express, pelabuhan 100Mb Ethernet, slot Micro-SD, RS-232 port serial, port host USB, port USB Client, dan 8MByte NOR Flash .
 
Gambar arduino intel galileo murah


Arduino intel galileo murah
di atas tadi adalah gambar dari arduino intel galilee, untuk spesifikasi dapat dilihat disini
dan iformasi lebih lengkap lagi dapat di cek disni
 
 
 
Arduino Mikro adalah board mikrokontroler berdasarkan ATmega32u4 (lihat datasheet), yang dikembangkan bersama dengan Adafruit. Ini memiliki 20 digital pin input / output (yang 7 dapat digunakan sebagai output PWM dan 12 input analog sebagai), osilator 16 MHz kristal, koneksi USB mikro, header ICSP, dan tombol reset. Ini berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB mikro untuk memulainya. Dengan  memiliki faktor bentuk yang memungkinkannya untuk dapat dengan mudah ditempatkan pada papan tempat memotong roti :D.


Arduino Micro mirip dengan Arduino Leonardo in bahwa ATmega32u4 telah built-in USB komunikasi,Dengan menghilangkan kebutuhan untuk prosesor sekunder. Hal ini memungkinkan Micro muncul ke komputer yang terhubung sebagai mouse dan keyboard, selain virtual (CDC) serial / COM port. Ini juga memiliki implikasi lain untuk pemanfaatan board .
untuk spedifikasi dapat dilihat pada halaman berikut ini http://jualarduinomurah.com/arduino-pro-micro-atmega32u4-5v-16mhz-mini-leonardo/
 
dan info selengkapnya dapat dijumpai disini
 


The ArduinoNano adalah sebuah papan kecil, lengkap, dan ramah-papan tempat memotong roti berdasarkan ATmega328 (Arduino Nano 3.x) atau ATmega168 (Arduino Nano 2.x). Ini memiliki lebih atau kurang fungsi yang sama dari Arduino Duemilanove, tetapi dalam paket yang berbeda. Ini tidak memiliki hanya colokan listrik DC, dan bekerja dengan kabel USB Mini-B bukan satu standar. The Nano dirancang dan diproduksi oleh Gravitech.


Jual Arduino Murah
 untuk spesifikasi tentang arduino nano dapat dilihat di Jual Arduino nano murah dan info slengkapnya dapat dicek disini
 

Arduino ProMini ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut yang membutuhkan fleksibilitas, biaya rendah, dan ukuran kecil. Muncul dengan minimum komponen (tidak ada on-board USB atau pin header) untuk menjaga biaya turun. Ini adalah pilihan yang baik untuk papan Anda ingin meninggalkan board tertanam dalam proyek. Harap dicatat bahwa ada dua versi dari board: satu yang beroperasi pada 5V (seperti kebanyakan papan Arduino), dan salah satu yang beroperasi pada 3.3V. Pastikan untuk memberikan yang benar daya dan penggunaan komponen yang operasi tegangan cocok dengan board.
Jual Arduino Murah
untuk spesifikasi dapat dilihat pada jual arduino murah , dan info selengkapnya dapat dijumpai disini


Arduino MEGA ADK adalah board mikrokontroler ATmega2560 berdasarkan (datasheet). Memiliki antarmuka USB untuk terhubung dengan ponsel berbasis Android, berdasarkan MAX3421e IC. Ini memiliki 54 digital pin input / output (dimana 15 dapat digunakan sebagai output PWM), 16 analog input, 4 UART (hardware port serial), osilator kristal 16 MHz, koneksi USB, jack listrik, header ICSP, dan tombol reset.
Arduino MEGA ADK berdasarkan Mega 2560.Mirip dengan Mega 2560 dan Uno, hotel ini memiliki sebuah ATmega8U2 diprogram sebagai konverter USB-to-serial. Revisi ke 2 dari board ADK memiliki resistor menarik garis 8U2 HWB ke tanah, sehingga lebih mudah untuk dimasukkan ke dalam mode DFU.
Revisi 3 dari dewan memiliki fitur-fitur baru berikut:
- 1,0 pinout: menambahkan SDA dan pin SCL yang dekat dengan pin AREF dan dua pin baru lainnya ditempatkan dekat dengan pin RESET, yang IOREF yang memungkinkan perisai untuk beradaptasi dengan tegangan yang tersedia dari papan. Di masa depan, shield akan kompatibel baik dengan arduino yang menggunakan AVR yang beroperasi dengan 5V dan dengan Arduino Due yang beroperasi dengan 3.3V. Yang kedua adalah pin tidak terhubung, yang disediakan untuk tujuan pengembangan.

untuk spesifikasi arduino mega ADK dapat dilihat Jual Arduino Murah .untuk info selengkapnya dapat dilihat di sini
 
 
Arduino Esplora adalah papan mikrokontroler berasal dari Arduino Leonardo. Esplora berbeda dari semua papan Arduino sebelumnya dalam hal ini menyediakan sejumlah built-in, siap digunakan set sensor onboard untuk interaksi. Ini dirancang untuk orang yang ingin bangun dan berjalan dengan Arduino tanpa harus belajar tentang elektronik dari  pertama. Untuk langkah-demi-langkah pengantar Esplora, memeriksa Memulai dengan Esplora panduan.
Esplora onboard suara dan cahaya output, dan beberapa sensor input, termasuk joystick, slider, sensor suhu, accelerometer, mikrofon, dan sensor cahaya. Hal ini juga memiliki potensi untuk memperluas kemampuan dengan dua input dan output konektor Tinkerkit, dan soket untuk layar LCD warna TFT.
Seperti papan Leonardo, yang Esplora menggunakan mikrokontroler AVR Atmega32U4 dengan 16 MHz osilator kristal dan koneksi USB mikro mampu bertindak sebagai perangkat USB klien, seperti mouse atau keyboard.
Di sudut kiri atas papan ada tombol tekan reset, yang dapat Anda gunakan untuk me-restart
board arduino. Ada empat LED Status:
-Pada [Hijau] menunjukkan apakah board menerima catu daya
L [yellow] terhubung langsung ke mikrokontroler, dapat diakses melalui pin 13
-RX Dan TX [kuning] menunjukkan data yang dikirim atau diterima melalui komunikasi USB
Dewan berisi semua yang diperlukan untuk mendukung mikrokontroler; hanya menghubungkannya ke komputer dengan kabel USB untuk memulainya.
Jual Arduino Murah
spesifikasi dari arduino Esplora dapat dilihat di jual arduino murah dan info selengkapnya dapat dilihat di sini  
 
Setelah kita membahas berbagai macam jenis arduino USB mari kita lanjutkan dengan berbagai macam tipe tipe arduino yang lain
 
 
 
Arduino Serial, yaitu jenis mikrokontroler arduino yang menggunakan RS232 sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi computer.
jual arduino murah
 

Arduino MEGA, yaitu mikrokontroler Arduino dengan spesifikasi yang lebih tinggi, dilengkapi tambahan pin digital, pin analog, port serial dan sebagainya. Arduino Mega berbasis ATmega1280 dengan 54 digital input/output. Contoh:

  •  Arduino Mega
  •  Arduino Mega 2560
jual arduino murah
 

Arduino FIO, yaitu mikrokontroler Arduino yang ditujukan untuk penggunaan nirkabel. Arduino Fio ini menggunakan ATmega328P sebagai basis kontrolernya.

 
grosir arduino



Arduino LILYPAD, yaitu mikrokontroler dengan bentuk yang melingkar. Contoh: LilyPad Arduino 00, LilyPad Arduino 01, LilyPad Arduino 02, LilyPad Arduino 03, LilyPad Arduino 04
Arduino Lylypad
 
 

Arduino BT, mikrokontroler Arduino yang mengandung modul Bluetooth untuk komunikasi nirkabel

Arduino BT


Arduino Nano dan Arduino Mini, merupakan  jenis arduino berbentuk kompak dan digunakan bersama breadboard. Contoh: Arduino Nano 3.0, Arduino Nano 2.x, Arduino Mini 04, Arduino Mini 03, Arduino Stamp 02.

Arduino Nano dan mini



17 comments:

  1. Wah terima kasih pak atas sharingnnya mengenai macam2 arduino, sangat bermanfaat bagi yang ingin belajar arduino :) mampir ke website saya pak di Jual Arduino semoga berkenan yah pak

    ReplyDelete
  2. keren.. lengkap banget.!
    makasih banyak.!!!!

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas informasinya.
    Ada gak jenis arduino yg bisa scan barcode dan wireless.
    Apakah perlu tambahan device lain untuk melakukannya?

    ReplyDelete
  4. baru belajar kayaknya terobosan elektronik ini sudah memasuki abad nano bukan digital

    ReplyDelete
  5. artikel bagus gan, kunjungan baliknya di PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO
    ARGA YUDHA atau langsung ke website
    http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/01/25/pengenalan-dengan-arduino/

    ReplyDelete
  6. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO - arduino project arga yudha

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengenalan-dengan-arduino/

    trimakasih dari arga yudha adhiprama



    ReplyDelete
  7. mau bertanya pak sebelumya kepanjangan dari ICSP dari kepala ICSP apa yah ?

    ReplyDelete
  8. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di " PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO – ARDUINO PROJECT "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengenalan-dengan-arduino/

    trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

    ReplyDelete
  9. aku punyanya arduino mega 2560 lollollollollolloooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooool

    ReplyDelete
  10. Mantab Infonya boss, izin sedot ye...

    ReplyDelete
  11. Mantab infonya Mas, bermanfaat sekali. Thanks berat! ;)

    ReplyDelete
  12. mas apa ada arduino yang bisa inputnya sampai 20 v

    ReplyDelete
  13. Terima kasih artikelnya...sangat membantu sekali untuk untuk pemilihan bahan jika ingin praktek...

    ReplyDelete